Selasa, 12 Maret 2024

Perspektif Sosiokultural Topik 2 - Aksi Nyata

 

Perspekttif Sosiokultural Dalam Pendidikan 
"Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam proses belajar" 



1. Mulai dari diri

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum sebelum memulai proses pembelajaran?

Hal yang saya pikirkan adalah pengaruh keberagaman social, budaya, ekonomi dan politik terhadap karakteristik peserta didik. Sebagai seorang pendidik hendaknya memahami konsep sosiokultural karena akan berpengaruh terhadap proses kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik, topik bahasan ini akan sangat membantu dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang ada dalam topik ini?

Pada topik ini diulas secara mendalam mengenai konsep dasar dalam peserpektif sosiokultural dalam pendidikan yaitu Socioeconomic Status (SES) dan Cultural Activity Theory (CHAT) yang memiliki pengaruh dalam membentuk dasar sosialisasi kognitif anak melalui aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa-anak. SES merupakan cara untuk mengelompokkan suatu individu berdasarkan kemampuan ekonomi dan status social yang dimiliki. Perbedaan SES akan berpengaruh terhadap kebutuhan belajar peserta didik.  SES rendah merupakan faktor risiko keterasingan (keterlibatan rendah dan masalah disiplin), terkait dengan kurang keberhasilan, dan persepsi ketidakadilan, dukungan rendah, dan penilaian oleh guru.

3. Ruang Kolaborasi

Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi, saya dan rekan sejawat telah berdiskusi sebuah topik yang membahas keterkaitan hubungan dan interaksi yang dapat mempengaruhi perkembangan social kognitif anak-anak. Sumber informasi yang kami jadikan sebagai bahan untuk menggali informasi yang lebih mendalam terakit topik ini antara lain “Belajar Berdemostrasi” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 58–75), “Ray Pecandu Game Online” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 76–92), dan “Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Pergerakan Pendidikan Sokola” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 125–156).

Berdasarkan dari sumber buku yang telah kami ulas, kami mengetahui bahwa dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa faktor seperti faktor lingkungan sosial yang memiliki pengaruh besar dalam proses terbentuknya pengalaman belajar peserta didik. Hal tersebut merupakan tanggung jawab guru untuk menemukan solusi dari tantangan yang hadir dari interaksi social dalam kegiatan pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dapat memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang mendukung perkembangan social serta kognitif peserta didik, serta memastikan interaksi social dapat memberikan feedback yang positid dalam proses pembelajaran.

4. Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda jalani bersama kelompok?

Dalam demontrasi kontekstual, membuka pandangan saya terhadap pentingnya strategi pembelajaran dalam mengatasi perbedaan latar belakang peserta didik.  Tujuan dari diskusi ini yaitu sebagai seorang pendidik kita dapat mengidentifikasi serta mencari solusi mengenai tantangan yang dapat timbul dalam ranah pembelajaran, sekaligus juga untuk menemukan solusi sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan perancangan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif. Dengan begitu, informasi dari proses demonstrasi kontekstual yang telah disampaikan oleh setiap kelompok dapat menjadi sebuah sumber informasi yang berharga guna membantu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif serta relevan, dan mampu memberikan manfaat bagi peserta didik.

5. Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini apa yang sudah anda pelajari mengenai topik ini?

Dalam topik ini saya mempelajari bahwa dampak dari faktor sosial ekonomi terhadap dinamika kegiatan pembelajaran semakin meningkat tentang pendidikan dari berbagai faktor dan sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Apa hal baru yang anda pahami atau yang sudah berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Yang saya pahami di awal adalah semua pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta didik itu sama dan kebutuhan yang mereka miliki juga sama serta strategi pembelajaran yang diterapkan pun bukan karena menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik. Tetapi setelah mempelajari mata kuliah ini perspektif sosio-kultural saya menyadari bahwa masing-masing individu memiliki peranan dalam membentuk setiap kebutuhan peserta didik.

Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut terkait dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan latar belakang social ekonomi yang berbeda.

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Dalam mata kuliah perspektif sosiokultural  membahas tentang perjalanan pendidikan di Indonesia, sama halnya dengan Filosofi pendidikan. Dimana dalam konteks ini dapat kita ketahui faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik tiap masanya berbeda-beda. Selain itu, setelah kita mengetahui faktor apa yang menjadi penunjang pendidikan kita dapat merencanakan strategi pembelajaran yang dapat kita kaitkan dengan Prinsip pengajaran dan Assesmen dimana kebutuhan setiap peserta didik berbeda-beda. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menciptakan lingkungan belajar yang mampu menunjang peserta didik dengan memberikan peluang kepada mereka untuk mampu menggali lebih dalam tentang pengetahuan, minat, bakat, serta potensi yang mereka milik secara lebih dalam.

 

7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat mempelajari perspektif sosiokultural adalah membantu saya sebagai seorang pendidik untuk memahami bahwa setiap peserta didik itu berbeda. Faktor sosio-ekonomi mereka pun berbeda sehingga berpengaruh terhadap kebutuh belajar mereka. Oleh sebab itu, sebagai seorang pendidik professional hendaknya dapat memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saat ini berada pada skala 6 karena saya merasa masih memerlukan pendampingan dan pemahaman lebih lanjut. Saya akan selalu belajar dan menggali informasi lebih mendalam serta mengimplementasikan konsep ini dalam menciptakan pembelajaran bagi peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Dengan mendalami pemahaman ini dan mencari sumber informasi lain, saya lebih memiliki kesiapan diri untuk menjadi seorang pendidik yang dapat memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna serta meningkatkan interaksi social peserta didik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata (Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik)

  Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata  "Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam ...