Sabtu, 23 Maret 2024

Perspektif Sosiokultural Topik 3 - Aksi Nyata

 Perspekttif Sosiokultural Dalam Pendidikan 

"Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam proses belajar" 


Disusun oleh Lina Upitasari (260211105446)
                                            PPG PGSD A1 Gelombang 1 2024
                                                    Universitas Jember  

1. Mulai Dari Diri - Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, yang saya pikirkan tentang topik ini yaitu sejauh mana perspektif social, budaya, ekonomi dan politik mempengaruhi pendidikan. Dari tayangan video yang telah saya tonton, memberikan saya pemahaman lebih konkrit bahwa permasalahan ekonomi dan social dapat menghambat tingkat kemampuan seorang anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak. Permasalahan tersebut tak jarang dijumpai di pelosok wilayah Indonesia.

2. Explorasi Konsep – Apa yang anda pelajari dari topik yang anda pelajari dalam topik ini?

Pada alur Ekplorasi konsep kami mengisi lembar kerja individu tentang pandangan mengenai implementasi perfsketif sosio kultural di pengajaran dan pendidikan Indonesia. Pandangan saya bahwa implementasi persfektif sosial budaya di Indonesia masih belum sepenuhnya optimal diterapkan, maka dalam hal ini masih dalam tahap proses menjadi baik.

3. Ruang Kolaborasi - Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi, saya dengan teman-teman kelompok saya mendiskusikan mengenai sejauh mana perspektif social, budaya, ekonomi dan politik berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia dan kesiapan kami dalam mengajar. Disamping itu, kami juga berdiskusi terkait persamaan dan perbedaan perspektif social, budaya, ekonomi dan politik dalam  mempengaruhi kesiapan pembelajaran pada peserta didik.


4. Demonstrasi Kontekstual - Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada alur Demonstrasi Kontekstual, , kami bersama-sama mempresentasikan hasil dari ruang kolaborasi, membuat design visual tentang pandangan kami masing-masing terkait persfetktif sosio kultural pada di pendidikan Indonesia. Kami saling bertukar pendapat dengan kelompok lain, sehingga hal tersebut menambah wawasan kami terkait dengan pandangan kelompok lain mengenai pengaruh perspektif sosiokultural terhadap pendidikan di Indonesia dan kesiapan mengajar mereka.


5. Elaborasi Pemahaman 

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Yang saya pahami dari topik ini yaitu bagaimana mengambil sikap dalam menghadapi tantangan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena adanya perbedaan persepktif social, budaya, ekonomi dan politik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal baru yang saya pahami adalah tentang adanya keberagaman karakteristik peserta didik karena perbedaan latar social dan ekonomi, sehingga hal ini harusnya mendapat perhatian agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan yang layak tanpa mengkhatirkan apapun.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu langkah yang tepat bagi guru untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dan social.

 

6. Koneksi Antar materi

Pada alur koneksi materi, saya membuat koneksi topik yang dibahas pada mata kuliah persfektif sosio kultural dengan mata kuliah lain yaitu pemahaman peserta didik, filosofi pendidikan, pengajaran dan assesmen, pemahaman peserta didik dan pembelajarannya serta proyek kepemimpinan.


7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk anda sebagai seorang guru?

Manfaat pembelajaran ini sangat penting bagi kesiapan saya sebagai guru dalam memahami perbedaan peserta didik dari ekonomi sosial yang berpengaruh terhadap kebutuh belajar mereka. Oleh sebab itu, sebagai seorang pendidik professional hendaknya dapat memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saat ini berada pada skala 7 karena saya merasa masih memerlukan pendampingan dan pemahaman lebih lanjut. Saya akan selalu belajar dan menggali informasi lebih mendalam serta mengimplementasikan konsep ini dalam menciptakan pembelajaran bagi peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Saya akan bertahap dalam mempelajari dan mengembangkan diri, dan selanjutnya akan menerapkannya dengan optimal pada saat turun ke dunia kerja nanti.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata (Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik)

  Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata  "Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam ...