Perspekttif Sosiokultural Dalam Pendidikan
1. Mulai Dari Diri - Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran?
2. Explorasi Konsep – Apa yang anda pelajari dari topik yang
anda pelajari dalam topik ini?
3. Ruang Kolaborasi - Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi, saya dengan teman-teman kelompok saya
mendiskusikan mengenai sejauh mana perspektif social, budaya, ekonomi dan
politik berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia dan kesiapan kami dalam mengajar.
Disamping itu, kami juga berdiskusi terkait persamaan dan perbedaan perspektif social,
budaya, ekonomi dan politik dalam mempengaruhi
kesiapan pembelajaran pada peserta didik.
4. Demonstrasi Kontekstual - Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada alur Demonstrasi Kontekstual, , kami bersama-sama
mempresentasikan hasil dari ruang kolaborasi, membuat design visual tentang
pandangan kami masing-masing terkait persfetktif sosio kultural pada di
pendidikan Indonesia. Kami saling bertukar pendapat dengan kelompok lain,
sehingga hal tersebut menambah wawasan kami terkait dengan pandangan kelompok lain
mengenai pengaruh perspektif sosiokultural terhadap pendidikan di Indonesia dan
kesiapan mengajar mereka.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Yang saya pahami dari topik ini yaitu bagaimana mengambil
sikap dalam menghadapi tantangan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di kelas
karena adanya perbedaan persepktif social, budaya, ekonomi dan politik.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari
pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya pahami adalah tentang adanya keberagaman karakteristik
peserta didik karena perbedaan latar social dan ekonomi, sehingga hal ini
harusnya mendapat perhatian agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan
yang layak tanpa mengkhatirkan apapun.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu langkah yang
tepat bagi guru untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta
didik dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dan social.
6. Koneksi Antar materi
Pada alur koneksi materi, saya membuat koneksi topik yang
dibahas pada mata kuliah persfektif sosio kultural dengan mata kuliah lain
yaitu pemahaman peserta didik, filosofi pendidikan, pengajaran dan assesmen, pemahaman
peserta didik dan pembelajarannya serta proyek kepemimpinan.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk anda sebagai seorang
guru?
Manfaat pembelajaran ini sangat penting bagi kesiapan saya
sebagai guru dalam memahami perbedaan peserta didik dari ekonomi sosial yang
berpengaruh terhadap kebutuh belajar mereka. Oleh sebab itu, sebagai seorang
pendidik professional hendaknya dapat memberikan layanan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam
skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saat ini berada pada skala 7 karena saya merasa
masih memerlukan pendampingan dan pemahaman lebih lanjut. Saya akan selalu
belajar dan menggali informasi lebih mendalam serta mengimplementasikan konsep
ini dalam menciptakan pembelajaran bagi peserta didik.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa
menerapkannya dengan optimal?
Saya akan bertahap dalam mempelajari dan mengembangkan diri,
dan selanjutnya akan menerapkannya dengan optimal pada saat turun ke dunia
kerja nanti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar