Selasa, 30 April 2024

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata (Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik)

 

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata 

"Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam proses belajar" 


Disusun oleh Lina Upitasari (260211105446)
                                    PPG PGSD A1 Gelombang 1 2024 

                                            Universitas Jember 

1. Mulai Dari Diri 

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Yang saya pikirkan tentang topik ini yaitu bagaimana pengaruhnya isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan Indonesia. Berdasarkan tayangan video pada alur mulai dari diri, penyelanggaraan pendidikan jauh dari kata cukup memadai karena sarana dan prasarana yang kurang menjadi factor banyaknya anak-anak yang tidak melanjutkan sekolah. Disamping itu, adanya keterbatasan tenaga pendidik juga menghambat dalam kegiatan pembelajaran. 


2. Explorasi Konsep 

Apa yang anda pelajari dari topik yang anda pelajari dalam topik ini?

Yang saya pelajari pada topik ini bahwasanya isu-isu yang berhubungan dengan masalah social, budaya, ekonomi, dan politik harus diikutsertakan selama proses pembelajaran untuk membantu peserta didik berpikir kritis dalam menyelesaikannya suatu permasalahan serta menghadapi tantangan perkembangan zaman abad 21 karena isu-isu tersebut erat kaitannya dengan kodrat zaman peserta didik. 


3. Ruang Kolaborasi 

 Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi, saya berkolaborasi dengan teman satu kelompok untuk membahas lebih dalam mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan Indonesia. Kita memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan yang matang terkait isu-isu tersebut.


4. Demonstrasi Kontekstual 

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada demosntrasi kontekstual, kami melakukan kegiatan presentasi yang membahas terkait persamaan dan perbedaan pandangan tentang isu isu Pendidikan. Pada demonstrasi kontekstual, kami juga berbagi pemikiran mengenai pandangan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.


5. Elaborasi Pemahaman 

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Saya memahami bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi dan politik sangat penting untuk dipahami bagi seorang guru karena untuk menambah wawasan dalam merancang pembelajaran yang inklusif dan adil bagi peserta didik. 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal baru yang saya dapatkan terkait dengan topik bahasan ini yaitu mengintergrasikan isu-isu perspektif social, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan dan pembelajaran  dapat mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran karena guru telah merancang kegiatam pembelajaran yang sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik. Di samping itu, dengan melakukan hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu peserta didik menghadapi segala tantangan yang muncul akibat perbedaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut ialah konsep pembelajaran berdasarkan isu-isu terkait penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial , budaya, ekonomi dan politik.

 

6. Koneksi Antar materi

Pada bagian koneksi antar materi, saya mempelajari keterkaitan isu-isu perspektif social, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan dan pembelajaran  dengan matakuliah lain. Misalnya, dalam matakuliah pemahaman peserta didik, kita dapat mempelajari bagaimana melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Langkah awal dalam mengenal peserta didik yaitu dengan mengetahui isu-isu yang sedang terjadi terkait dengan sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik. Adapun keterkaitan isu-isu ini dengan mata kuliah lain sebagai berikut:


7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk anda sebagai seorang guru?

Manfaat mempelajari topik ini membantu saya memahami pentingnya memperhatikam isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran disekolah serta memberikan cara dalam mengatasi isu-isu tesrebut. Selain itu, pemahaman ini membantu saya sebagai calon guru untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan berpihak pada peserta didik serta menerapkan pengembangan budaya sekolah yang sehat, positif sehingga dapat menjadi budaya yang sehat untuk peserta didik, dan menanamkan sifat kepemimpinan yang kuat diantara guru dan peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Sejauh ini saya menilai kesiapan saya dalam skalal 1-10 adalah 8, alasannya adalah saya telah mempelajari adanya beberapa isu-isu yang berkembang dalam dunia Pendidikan. Selain itu saya mempunyai tanggapan serta solusi yang dapat diimplementasikan dalam belajar mengajar. 

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu dipersiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya secara optimal yaitu dimulai dengan mengikuti perkembangan terkait isu-isu yang ada. Hal selanjutnya yaitu dengan berfikir kritis terhadap isu-isu terkait sosial, budaya, politik dan ekonomi dalam pendidikan agar dapat mengkaji gagasan-gagasan agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik sehingga dapat membuat keputusan yang baik dan membantu memecahkan masalah. Selanjutnya yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap peserta didik di kelas untuk mendapatkan informasi terkait situasi sosial, budaya, politik dan ekonomi mereka sehingga guru dapat melakukan tindakan sesuai dengan situasi mereka. Tahap selanjutnya yaitu dengan merancang pembelajaran yang inklusif dan relevan untuk peserta didik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata (Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik)

  Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata  "Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam ...