Perspektif Sosiokultural Topik 4 - Aksi Nyata
"Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam proses belajar"
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Saya berpikir bahwa ZPD merupakan sebuah kerangka berpikir
pembelajaran yang melihat zona keadaan peserta didik untuk menentukan model,
metode maupun media pembelajaran di dalam kelas.
2. Explorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari topik yang
anda pelajari dalam topik ini?
Saya mempelajari mengenai konsep ZPD. ZPD secara ringkasnya
adalah jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang didefinisikan
sebagai kemampuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan
potensial yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah di bawah
bimbingan orang dewasa atau melalui kerjasama dengan teman sejawat yang lebih
mampu. Bisa dikatakan ZPD adalah pembelajaran yang melibatkan seseorang yang
kemampuannya lebih darinya dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi saya mempelajari lebih dalam mengenai
konsep ZPD melalui pendapat-pendapat teman, dalam ruang kolaborasi kita
memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan yang
matang mengenai konsep ZPD.
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Dalam demonstrasi kontekstual, kita berdiskusi mengenai
penerapan konsep ZPD pada pembelajaran peserta didik, mengenai bagaimana contoh
penerapannya dan manfaat dalam penggunaan ZPD ini. Terutama mengenai tingkat
penngetahuan peserta didik dan konsep pembelajaran yang terbimbing, yakni
menggunakan tim ahli sebagai dorongan untuk mencapai tingkatan lebih tinggi
bagi siswa dalam tingkatan rendah.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya memahami bahwa ZPD adalah konsep pembelajaran yang
memetakan pengetahuan peserta didik sehingga, tingkat pembelajaran yang akan
dicapai sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Proses transfer pengetahuan
yang runtut akan menghasilkan pembelajaran maksimal untuk individu peserta
didik
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari
pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Miss konsepsi awal sudah terjawab dengan berbagai
pembelajaran yang saya laksanakan. Awalnya saya kira pembelajaran ini berbasiss
zona daerah, akan tetapi yang dimaksud dengan zona ini sendiri adalah zona
pengetahuan peserta didik bukan daerah tempat tinggal peserta didik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin belajar mengenai penerapan yang baik dan benar mengenai ZPD dalam kelas yang saya ampu serta melihat sejauh mana keefektifan ZPD dalam mengoptimalkan kemampuan dan pengetahuan peserta didik.
6. Koneksi Antar materi
Dalam koneksi antar maateri saya lebih memahami mengenai keterkaitan antara ZPD dengan matakuliah lain. Misalnya, dalam matakuliah pemahaman peserta didik, ZPD akan sangat berpengaruh terhadap model pembelajaran yang akan dilaksanaakn dengan melihat kemampuan peserta didiknya, begitupun dalam filosofi pendidikan. Pendidikan yang merdeka adalah pendidikan yang menyesuaikan kemampuan peserta didik lalu dikembangkan menjadi lebih tinggi, sehingga hasil yang diperoleh adalah pembelajaran yang bermakna, bukan hanya sekedar pembelajaran yang mudah dilupakan.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk anda sebagai seorang
guru?
Pembelajaran ZPD sangat memiliki manfaat ketika saya menjadi
guru, saat melaksanakn ZPD peserta didik dibantu oleh seorang guru atau bahkan teman
sebaya nya yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang lebih tinggi. Dalam hal
ini, guru berperan penting dalam membantu peserta didik untuk mencapai pengetahuan dan
keterampilan sampai dimana bantuan guru tidak lagi dibutuhkan, karena peserta didik sudah mencapai kemampuan dan keterampilan tersebut. Guru juga tidak bisa
menyamaratakan pemahaman dalam membina semua peserta didik. Guru harus memahami apa
yang soal dipelajari peserta didik dan mana yang tidak siap dipelajari peserta didik.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam
skala 1-10? Apa alasannya?
Nilai kesiapan saya dalam menerapkan konsep ZPD adalah 7,
hal ini karena secara praktis saya belum memiliki pengalaman yang cukup dalam menerapkan ZPD dalam pembelajaran. Akan tetapi, pembelajaran yang sudah saya laksanakan selama PPL kurang lebih sudah menerapkan konsep ini.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa
menerapkannya dengan optimal?
Saya perlu untuk mempersiapkan materi yang lebih dalam
melaksanakan pembelajaran ZPD, terutama memahami dengan betul mengenai
penerapan konsep ZPD sehingga pembelajaran yang berbasis ZPD akan terlaksana
dengan baik, sesuai dengan target yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar