Rabu, 27 Maret 2024

Perspektif Sosiokultural Topik 4 - Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural Topik 4 - Aksi Nyata 

"Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam proses belajar" 


Disusun oleh Lina Upitasari (260211105446)
PPG PGSD A1 Gelombang 1 2024 
Universitas Jember 

1. Mulai Dari Diri 

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Saya berpikir bahwa ZPD merupakan sebuah kerangka berpikir pembelajaran yang melihat zona keadaan peserta didik untuk menentukan model, metode maupun media pembelajaran di dalam kelas.


2. Explorasi Konsep 

Apa yang anda pelajari dari topik yang anda pelajari dalam topik ini?

Saya mempelajari mengenai konsep ZPD. ZPD secara ringkasnya adalah jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau melalui kerjasama dengan teman sejawat yang lebih mampu. Bisa dikatakan ZPD adalah pembelajaran yang melibatkan seseorang yang kemampuannya lebih darinya dalam menyelesaikan suatu permasalahan.


3. Ruang Kolaborasi 

 Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi saya mempelajari lebih dalam mengenai konsep ZPD melalui pendapat-pendapat teman, dalam ruang kolaborasi kita memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan yang matang mengenai konsep ZPD.


4. Demonstrasi Kontekstual 

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam demonstrasi kontekstual, kita berdiskusi mengenai penerapan konsep ZPD pada pembelajaran peserta didik, mengenai bagaimana contoh penerapannya dan manfaat dalam penggunaan ZPD ini. Terutama mengenai tingkat penngetahuan peserta didik dan konsep pembelajaran yang terbimbing, yakni menggunakan tim ahli sebagai dorongan untuk mencapai tingkatan lebih tinggi bagi siswa dalam tingkatan rendah.


5. Elaborasi Pemahaman 

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Saya memahami bahwa ZPD adalah konsep pembelajaran yang memetakan pengetahuan peserta didik sehingga, tingkat pembelajaran yang akan dicapai sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Proses transfer pengetahuan yang runtut akan menghasilkan pembelajaran maksimal untuk individu peserta didik

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Miss konsepsi awal sudah terjawab dengan berbagai pembelajaran yang saya laksanakan. Awalnya saya kira pembelajaran ini berbasiss zona daerah, akan tetapi yang dimaksud dengan zona ini sendiri adalah zona pengetahuan peserta didik bukan daerah tempat tinggal peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin belajar mengenai penerapan yang baik dan benar  mengenai ZPD dalam kelas yang saya ampu serta melihat sejauh mana keefektifan ZPD dalam mengoptimalkan kemampuan dan pengetahuan peserta didik. 

 

6. Koneksi Antar materi

Dalam koneksi antar maateri saya lebih memahami mengenai keterkaitan antara ZPD dengan matakuliah lain. Misalnya, dalam matakuliah pemahaman peserta didik, ZPD akan sangat berpengaruh terhadap model pembelajaran yang akan dilaksanaakn dengan melihat kemampuan peserta didiknya, begitupun dalam filosofi pendidikan. Pendidikan yang merdeka adalah pendidikan yang menyesuaikan kemampuan peserta didik lalu dikembangkan menjadi lebih tinggi, sehingga hasil yang diperoleh adalah pembelajaran yang bermakna, bukan hanya sekedar pembelajaran yang mudah dilupakan.


7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk anda sebagai seorang guru?

Pembelajaran ZPD sangat memiliki manfaat ketika saya menjadi guru, saat melaksanakn ZPD peserta didik dibantu oleh seorang guru atau bahkan teman sebaya nya yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang lebih tinggi. Dalam hal ini, guru berperan penting dalam membantu peserta didik untuk mencapai pengetahuan dan keterampilan sampai dimana bantuan guru tidak lagi dibutuhkan, karena peserta didik sudah mencapai kemampuan dan keterampilan tersebut. Guru juga tidak bisa menyamaratakan pemahaman dalam membina semua peserta didik. Guru harus memahami apa yang soal dipelajari peserta didik dan mana yang tidak siap dipelajari peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Nilai kesiapan saya dalam menerapkan konsep ZPD adalah 7, hal ini karena secara praktis saya belum memiliki pengalaman yang cukup dalam menerapkan ZPD dalam pembelajaran. Akan tetapi, pembelajaran yang sudah saya laksanakan selama PPL kurang lebih sudah menerapkan konsep ini. 

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Saya perlu untuk mempersiapkan materi yang lebih dalam melaksanakan pembelajaran ZPD, terutama memahami dengan betul mengenai penerapan konsep ZPD  sehingga pembelajaran yang berbasis ZPD akan terlaksana dengan baik, sesuai dengan target yang diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata (Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik)

  Perspektif Sosiokultural Topik 6 - Aksi Nyata  "Disiplin ilmu yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam ...